Inovasi Yang Ada Pada Gojek
Gojek melakukan apa yang dinamakan dengan inovasi distruptif. Inovasi disruptif (disruptive innovation) dapat dipahami sebagai inovasi yang membantu menciptakan pasar baru, mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada, dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu tersebut yang sudah diterima pasar sebelumnya. Prinsip dari Inovasi disruptif mengembangkan suatu produk atau layanan dengan cara yang tak diduga pasar, umumnya dengan menciptakan jenis konsumen berbeda pada pasar yang baru dan menurunkan harga pada pasar yang lama. Gojek mempertemukan antara pengguna jasa ojek dan para tukang ojek. Model bisnis Gojek yang disempurnakan dengan aplikasi TI secara mobile dan real time yang mana para tukang ojek dapat dengan mudah menemukan pengguna ojek disekitarnya. Begitu juga sebaliknya pengguna tidak perlu mencari-cari atau berjalan ke pangkalan ojek terdekat untuk menggunakan jasa ojek.
Inovasi Yang Ada Pada Grab
Grab meluncurkan inovasi terbarunya, yakni GrabChat. Inovasi terbaru ini merupakan in-app instant messaging untuk layanan pemesanan kendaraan Grab di seluruh Asia Tenggara. GrabChat memudahkan proses penjemputan bagi penumpang dan pengemudi tanpa menghabiskan pulsa. Sebelumnya, pengguna maupun pengemudi melakukan komunikasi untuk mengabarkan seputar penjemputan melalui telepon atau SMS yang memakan pulsa. Kini dengan GrabChat, proses komunikasi antara pengemudi dan penumpang lebih lancar tanpa harus mengeluarkan pulsa. Berkirim pesan pun hanya dalam satu kali sentuh karena telah tersedia berbagai template pesan. Satu bulan setelah platform GrabChat diluncurkan, Grab kembali berinovasi melalui GrabPay Credits. Pengguna bisa menggunakan opsi pembayaran non-tunai yang akan memberikan kenyamanan dalam menggunakan Grab. Nantinya pengguna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar